UPTD I

UPTD ESDM WILAYAH I CIANJUR Jl. Perintis Kemerdekaan No.21 Cianjur. Telp. 0263 281205. Fax. 0263 281205 uptdesdmcjr@yahoo.co.id

Pengembangan paradigma baru dalam penyelenggaraan pemerintahan sekarang, melalui desentralisasi, bertumpu pada nilai-nilai demokratisasi, pemberdayaan dan pelayanan, sehingga terwujud suatu Pemerintah Daerah yang memiliki keleluasaan dalam pengambilan keputusan yang terbaik dan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki, sehingga dapat memberikan kualitas pelayanan publik yang optimal kepada masyarakatnya. Salah satu ujung tombak Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat dalam optimalisasi pelayanan masyarakatnya itu adalah UPTD ESDM Wilayah I Cianjur.

Dasar Hukum Pembentukan UPTD ESDM Wilayah I Cianjur adalah; Peraturan Gubernur Nomor 75 Tahun 2009 Tentang Pedoman Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) dan Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) (Berita Dearah Tahun 2009 Nomor 148 Seri E). Perannya sebagai ujung tombak Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat ini terkait dengan tugas pokoknya melaksanakan sebagian fungsi Dinas di bidang pelayanan, konservasi dan pelestarian sebagian urusan bidang energi dan sumber daya mineral yang meliputi, Air Bawah Tanah, Pertambangan, Kegeologian, Ketanaga Listrikan, Energi baru terbarukan, Migas, dan Panas Bumi.

UPTD ESDM yang berkedudukan di Jalan Perintis Kemerdekaan No.21 Cianjur ini memiliki wilayah pelayanan kerja yang mencakup Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kota Depok. Untuk pelayanan di wilayah kerja tersebut, UPTD Cianjur dipimpin oleh Ir. Kurnia Permana sebagai Kepala UPT, dibantu oleh Ano Kusmana B. Sc. sebagai Kasubag Tata Usaha, Sudarjo, SE, M.Si sebagai Kepala Seksi Sumber Daya Mineral dan Denny Rachmat, G, Sip. sebagai Kepala Seksi Energi.

Kegiatan yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan di bidang Sumber Daya Mineral yaitu penyiapan kelengkapan berkas permohonan rekomendasi teknis dalam rangka penerbitan SIPA (Surat Ijin Pengambilan Air Bawah Tanah) oleh Kabupaten/Kota, inventarisasi data potensi sumberdaya mineral dan pengusahaan pertambangan umum, Pembinaan, Pengawasan, dan Penertiban pengusaha pertambangan umum, Air Bawah Tanah, dan Pemanfaatan Batu Bara, Inventarisasi data potensi kegeologian (rawan bencana tanah longsor), Pemeriksaan daerah rawan bencana longsor, serta bantuan Sarana Air Bersih untuk daerah yang kekurangan Air Bersih melalui Kegiatan Pengeboran tahun anggarran 2011 di Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi.

Adapun Kegiatan di Bidang Energi yaitu Pembangunan Listrik Pedesaan (Bantuan secara gratis bagi masyarakat KS dan Pra KS, baik jaringan maupun SR/IR) dilaksanakan sejak tahun 2002, Pembangunan PLTMH, PLTS dan BIOGAS, bagi masyarakat yang terpencil (jauh dari jaringan PLN), Inventarisasi Aset bantuan Provinsi dibidang Energi, maupun SDM, Inventarisasi masyarakat yang belum teraliri listrik maupun Desa/Kampung yang belum terdapat jaringan, serta Pembinaan, Pengawasan dan Pengendalian Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (pergub tentang ini sedang di proses).

Faktor-faktor kunci yang menentukan keberhasilan pembangunan pertambangan dan energi, yakni kemampuan SDM, kehandalan lembaga, regulasi yang jelas dan komprehensif serta ketersediaan pembiayaan. Faktor-faktor tersebut akan menjadi paramater penting dari aspek penyelenggaraan pemerintahan, selain faktor eksternal (lingkungan strategis) yang juga harus mendapat perhatian.

Kunci penting lainnya adalah sinergitas dan kerjasama, baik antar pemerintahan maupun antara pemerintah dan masyarakat. Terdapat banyak aspek dari Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral yang harus mendapat perhatian dan dikelola secara sinergis, untuk mencapai optimasi pencapaian tujuan pembangunan pertambangan dan energi.

Peran Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral melalui UPTD Cianjur merupakan langkah akselerasi pencapaian tujuan pembangunan energi dan sumberdaya mineral di Indonesia umumnya, serta mendukung pembangunan daerah di Jawa Barat khususnya.


Sumber : Subag Tata Usaha UPTD ESDM Wilayah I Cianjur

Dokumen Lampiran : UPTD I

UPDT Lain