Dorong Investasi Hijau lewat West Java Energy Forum

Bandung (Senin, 26/06/2023) Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membuka West Java Energy Forum 2023 bertempat di Gedung Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat mengatakan, Indonesia akan menjadi top of mind energi baru terbarukan di dunia sejalan dengan melimpahnya cadangan sumber daya yang dimiliki.

Secara khusus Jabar memiliki berbagai potensi sumber daya energi baru terbarukan (EBT).

Jawa Barat memiliki 12 proyek EBT yang membutuhkan investasi hingga pembiayaan hijau mencapai 82 juta dolar AS, yakni di kawasan utara sebanyak empat proyek (dua proyek panas bumi dan dua proyek mikro hidro) serta delapan proyek EBT di kawasan selatan baik energi panas bumi, surya, angin, dan air.

Disampaikan pula oleh Kepala Dinas ESDM Prov. Jawa Barat, Ai Saadiyah Dwidaningsih, West Java Energy Forum merupakan salah satu upaya untuk mencari jalan keluar atas berbagai masalah yang dihadapi dalam investasi EBT dan mengurai masalah yang ada untuk semakin menarik minat investasi EBT di Jabar.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea mengatakan, Jabar kini dalam posisi terdepan impelementasi energi hijau. Namun dari sisi perbankan perlu ditingkatkan lagi dukungan pembiayaan hijau bagi investor EBT.

 

Sumber : Humas ESDM Jabar