PT. Solusi Bangun Indonesia Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Jawa Barat

Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19, SBI Bekerja Sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor
Vaksinasi merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 serta mengakhiri masa pandemi yang telah berjalan lebih dari 1 tahun. Beragam inisiatif yang telah dan akan dijalankan Pemerintah Indonesia dengan mengadakan serangkaian program vaksinasi massal, perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat serta instansi-instansi Pemerintah dan Swasta. Dalam rangka membantu percepatan program vaksinasi di Indonesia, Pemerintah Kabupaten Bogor berkolaborasi dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui salah satu unit usahanya, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) dan Puskesmas Kecamatan Klapanunggal menggelar sentra vaksinasi
yang diperuntukan bagi masyarakat sekitar area operasional Pabrik SBI di Narogong, Bogor. Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan pada tanggal 26 Juli dan 2 Agustus 2021 dengan target awal empat ribu (4000) peserta selama periode tersebut dan dilangsungkan di area club house perumahan karyawan SBI. Selama kegiatan berlangsung, SBI terus berkoordinasi dengan pihak Puskesmas dan Pemerintah Kecamatan Klapanunggal untuk memastikan segala sesuatunya dapat terpenuhi dengan baik termasuk penjadwalan dan pengaturan peserta yang berasal dari 9 desa di Kecamatan Klapanunggal agar tidak menimbulkan kerumunan.

Atas keberhasilan SBI dan pihak Puskesmas Klapanunggal dalam mengakomodir dan mengelola sentra vaksinasi di Kecamatan Klapanunggal, maka program yang awalnya hanya dijadwalkan 2 hari, terus dilaksanakan setiap hari Senin dan Rabu hingga akhir September 2021 serta membuka kesempatan bagi kelompok usia >12 tahun ke atas untuk divaksin. Hingga saat ini (18 Agustus 2021) jumlah peserta yang telah ambil bagian dalam program vaksinasi telah mencapai 15.999 orang atau sekitar 82% (vaksinasi dosis 1 dan dosis 2) dari target 19.535 orang yang diharapkan untuk mengikuti vaksinasi di Kecamatan Klapanunggal hingga akhir Agustus 2021.

Selain itu, SBI juga turut berperan aktif dalam membantu Pemerintah Kabupaten Bogor untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan memberikan beragam bantuan seperti masker dan hand sanitizer yang diproduksi sendiri melalui program pemberdayaan masyarakat (CSR) di sekitar area operasional, spanduk dan pamflet himbauan pencegahan Covid-19, vitamin C, alat cuci tangan, face shield yang diproduksi oleh siswa/i EVE*, serta perlengkapan medis lainnya yang dapat digunakan oleh para tenaga kesehatan yang berada di Kabupaten Bogor dalam menangani Covid-19. 

Kutipan, General Manager SBI Pabrik Narogong, Reni Wulandari:

“Kami berharap program vaksinasi ini dapat mempercepat terbentuknya ‘Herd Immunity’ atau kekebalan kelompok di lingkungan sekitar area operasional, sehingga masyarakat bisa lebih produktif dan aman dalam beraktivitas sehari-hari.”, kata Reni.

Kutipan Camat Klapanunggal, Drs. Ahmad Kosasih, M.Si:
“Dengan semakin banyak masyarakat yang divaksin, artinya semakin besar persentase kelompok yang sudah terbentuk imunitasnya. Ini merupakan bagian dari ikhtiar kita bersama untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia”.

Kutipan General Affair & Community Relations Manager SBI Pabrik Narogong, Edi Prajitno:
“Vaksinasi bukan berarti kita kebal terhadap paparan virus Covid-19. Kita masih bisa terpapar namun dampaknya sangat minim. Oleh karena itu kita masih perlu untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dengan menerapkan 5M secara disiplin agar dapat melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar.”

*EVE: sebuah program CSR dari SBI yang bekerja sama dengan Politeknik Negeri Jakarta untuk memberi kesempatan kepada siswa/i lulusan SMK di sekitar area Pabrik melanjutkan jenjang pendidikannya. Nantinya setelah lulus dari program ini, mereka akan mendapatkan ijazah setara D3 dan dapat digunakan untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan.


Sumber : PT. Solusi Bangun Indonesia

admin@esdm-jabar

admin@esdm-jabar

Leave a Replay

Daftar ESDM Newsletter

Dapatkan informasi ESDM terupdate ke email anda

Dengan mengisi survei, anda telah membantu kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat, Terima Kasih.