Tinjauan Gubernur Jawa Barat ke Lokasi Bekas Tambang PT. SBI di Kabupaten Sukabumi

Kab. Sukabumi (Jumat,24/07/2020) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Kepala Dinas ESDM Prov. Jawa Barat, Ir. Bambang Rianto, M.Sc., meninjau langsung lahan bekas tambang pasir silika milik PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) yang diberi nama Taman Dynamix di Desa Sekarwangi, Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

 

Lokasi tambang yang telah habis masa berlaku Izin Usaha Pertambangan (IUP), kini diubah menjadi kawasan pariwisata dan pengembangan agrikultur. Kondisi lahan seluas 85 hektare ini mulai produktif dengan vegetasi dan pepohonan lebat. Hanya sebagian kecil saja bebatuan sisa tambang yang dibiarkan untuk keperluan penelitian.

“Ini bisa jadi sebuah percontohan, sejak tahun 2010 sampai sekarang kita bisa lihat sebelum dan sesudahnya. Dulunya penuh bebatuan seperti di planet mars, tadi saya putar-putar sudah tidak keliatan hanya sekian persen ada bekas pertambangannya memang sengaja dibiarkan untuk penelitian,” kata Gubernur Jawa Barat.

Ridwan Kamil menekankan pemanfaatan lahan bekas tambang harus memiliki tiga nilai yaitu lingkungan, sosial dan ekonomi dan juga meminta PT SBI segera mempresentasikan rencana pengembangan lahan bekas tambang lengkap dengan proyeksi bisnisnya. Apabila berhasil dalam tiga sampai lima tahun, Ridwan Kamil yakin kawasan ini akan layak emnjadi percontohan pemanfaatan lahan bekas tambang menjadi berdaya guna dan ramah lingkungan.

Sebagai bentuk dukungan Pemda Provinsi Jabar, Gubernur akan mempertemukan PT SBI dengan stakeholders lain yang lebih paham mengelola ekonomi pariwisata skala besar. Menurutnya, pemanfaatan kawasan tidak bisa dilakukan oleh satu pihak tapi juga melibatkan pihak yang lebih berpengalaman. Pemda Provinsi Jabar juga akan meneliti produk pertanian yang cocok ditanam di ketinggian dan jenis tanah di lahan tersebut serta bernilai ekonomi tinggi di pasaran.

Dalam acara ini hadir pula Bupati Kab. Sukabumi, Marwan Hamami serta Wakil Walikota Sukabumi Andri Setiawan Hamami.

admin@esdm-jabar

admin@esdm-jabar

Leave a Replay

Daftar ESDM Newsletter

Dapatkan informasi ESDM terupdate ke email anda

Dengan mengisi survei, anda telah membantu kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat, Terima Kasih.