West Java Mining Forum 2023

Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat mengadakan West Java Mining Forum 2023 yang diresmikan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dodo Suhendar mewakili Penjabat Gubernur Jawa Barat bertempat di Hotel Mason Pine Kabupaten Bandung Barat (Selasa, 12/12/2023)

West Java Mining Forum 2023 merupakan suatu forum yang dibuat untuk membangun komitmen para pemangku kepentingan sektor pertambangan dalam mencapai SDG’s (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) serta evaluasi penerapan regulasi dan kebijakan yang telah didelegasikan untuk memastikan bahwa kegiatan pertambangan dilakukan dengan mematuhi standar lingkungan dan sosial.

Dalam rangkaian WJMF 2023 sendiri terdapat beberapa agenda yang dilaksanakan diantaranya adalah penandatanganan komitment pemerintah dan perusahaan dan peluncuran jingle dinas ESDM Jawa Barat.

Dalam perhelatan West Java Mining Forum 2023 dilaksanakan penandatangan Komitmen Bersama oleh para perwakilan pemegang IUP (Izin Usaha Pertambangan) di Jawa Barat.

Komitmen ini dalam rangka mewujudkan kegiatan pertambangan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Adapun poin dalam komitmen ini adalah :

1. Ketentuan Keselamatan Pertambangan

2. Pengelolaan dan pemantauan lingkungan pertambangan, termasuk kegiatan reklamasi dan/atau pascatambang

3. Upaya konservasi mineral dan batubara

4. Pengelolaan sisa tambang dari suatu kegiatan usaha pertambangan dalam bentuk padat, cair, atau gas sampai memenuhi standar baku mutu lingkungan sebelum dilepas ke media lingkungan.

Penandatangan ini disaksikan langsung oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Dodo Suhendar mewakili Pj. Gubernur Jawa Barat, Perwakilan DPRD Prov. Jawa Barat, Perwakilan Polda Jawa Barat serta Kepala Dinas ESDM Prov. Jawa Barat, Ai Saadiyah Dwidaningsih.

Sumber : Tim Humas ESDM Jabar

admin@esdm-jabar

admin@esdm-jabar

Leave a Replay

Daftar ESDM Newsletter

Dapatkan informasi ESDM terupdate ke email anda